Monday, October 25, 2010

Brand Ternama ZARA Berasal Dari Mana sih?

Brand ternama asal negeri Juara Dunia sepak bola 2010, Spanyol, ini didirikan oleh seorang low-profile bernama Mr. Amancio Ortega Gaona. Kini ia sudah berusia 66 tahun dan masuk dalam jajaran 10 orang terkaya dunia versi Forbes Magazine.  Pria ini memulai karirnya di dunia fashion saat umur 13 tahun, bukan sebagai designer, melainkan kurir pakaian jadi dari toko ke toko.

Dari pengalaman sederhana itu, dia menyadari bahwa sebagian besar merk-merk ternama dunia menjadi mahal tidak hanya karena unggul kualitas, melainkan juga terlalu banyak perantara yang mengambil untung dari penyediaan bahan mentah, distribusi hingga barang jadi siap dipasarkan di toko dept.store ternama.

Perlahan, Ortega memberanikan diri untuk membeli kain dengan harga yang lebih murah, namun tetap memperhatikan kualitas sebagai yang utama. Dia membuka store ZARA pertamanya tahun 1975. Pria down-to-earth ini hampir tidak pernah terekspos media walaupun kekayaannya begitu melimpah. Dia lebih suka bekerja lapangan ketimbang duduk di balik meja kerja dengan menghisap cerutu di tangan, itu bukan Ortega. Penampilannya pun kerap Jeans dan T-shirt tanpa dasi maupun jas.

14 tahun pertama bisnisnya, ZARA sudah merajai Spanyol, dan hingga kini jumlahnya sudah melebihi 4000 outlet di kurang lebih 71 negara di dunia. Uniknya, ZARA selalu memanjakan pelanggannya dengan design-design baru yg beragam dan cepat. Dalam satu tahun, rata-rata produksi model ZARA mencapai 10.000 design berbeda. Angka yg fantastis, makanya jangan heran bila anda menunda membeli designnya, 2 minggu ke depan mungkin anda sudah tidak dapat menemukannya lagi di store.

Sekian ulasan singkat tentang asal-usul ZARA.

- la beneamatta -

No comments:

Post a Comment

Post a Comment